Google Dork - Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya 2023

Konsep google dork sendiri dimulai pada tahun 2002 lalu, Google Dork juga dikenal sebagai Google Hacking karena dapat digunakan oleh peretas untuk memulai tindakan. Hanya dengan satu kata kunci, kami memiliki daftar ratusan situs web yang rentan dan siap diserang. Jadi apa sebenarnya arti dari Google Dork itu sendiri? Simak ulasan artikel berikut ini untuk mengetahuinya.



Daftar isi :

  1. Apa Itu Google Dork
  2. Sejarah Google Dork
  3. Google Dork Buat Tujuan Positif
  4. Google Dork Buat Tujuan Negatif
  5. Fungsi-Fungsi Google Dork
  6. Basic String Google Dork



Apa itu Google Dork?

Beberapa berasal Anda mungkin masih asing menggunakan arti Google Dork. Jadi, Dork sendiri ialah ialah sebuah tindakan memasukkan kata kunci di search engine Google. Adapun tujuannya adalah mencari celah keamanan suatu website buat diretas. Teknik tersebut dikenal dengan Dorking.


Sejarah Google Dork

Konsep Google Dork sendiri dimulai pada tahun 2002. Saat itu, Johnny Long mulai menggunakan hasil pencarian Google. Ini dapat mengungkapkan sistem yang rentan terhadap serangan siber atau rentan untuk mengekspos informasi sensitif. tangan massa. Hingga akhirnya pada tahun 2004, daftar peretas Google masuk dalam database peretasan Google.


Google Dork jua biasa disebut dengan kata Google Hacking, karena bisa digunakan oleh peretas buat melancarkan aksinya. Hanya menggunakan satu istilah kunci, mereka telah mendapatkan daftar ratusan website yang memiliki kerentanan dan siap dijadikan target. Lantas, apa sebenarnya pengertian Google Dork itu sendiri? supaya Anda paham, langsung saja simak ulasan Kharisma World berikut.

Sederhananya, Google Dork merupakan teknik memanfaatkan mesin pencarian Google guna mendapatkan berita sensitif yang tidak terdapat dalam web. Sebenarnya Google Dork bisa dimanfaatkan buat hal positif, namun tidak jarang para peretas jua memanfaatkannya buat tujuan jahat.

Hal tersebut bisa dilakukan menggunakan Google Dork Query, yaitu string pencarian dengan operator tertentu untuk menemukan berita yg tidak tersedia secara awam pada dalam web. Inilah yg kemudian memungkinkan hacker memperoleh data sensitif mirip database, username, password, berita keuangan, dan lain sebagainya.


Google Dork Buat Tujuan Positif

Meskipun Dork terdengar mirip kata negatif, tetapi pada sisi lain ini dapat dipergunakan buat hal-hal yang bermanfaat. Galat satu model tujuan positif Google Dork adalah mencari surat keterangan berupa artikel, jurnal ilmiah, makalah, atau lainnya menjadi bahan pembuatan karya tulis maupun penelitian. Berikut cara memakai Google Dork.


 Fungsi-Fungsi Google Dork

Site

  • Parameter pencarian site digunakan buat memunculkan isu dari sebuah situs eksklusif dengan ekstensi yg Anda cari.


  • Rumus = Keyword + Site : (Nama situs)


  • contohnya: ekamatra kuantum site : wikipedia.org


Intitle

  • Parameter pencarian intitle dipergunakan buat menampilkan informasi berasal seluruh website yang mengandung keyword yang Anda masukkan.


  • Rumus = intitle: (Keyword)


  • contoh = intitle : ekamatra kuantum


Filetype

  • Parameter filetype dipergunakan buat menampilkan isu dalam berbagai situs menggunakan format khusus.


  • Rumus = filetype:(pdf/doc) + keyword


  • model: filetype:pdf fisika kuantum


Google Dork Buat Tujuan Negatif

Anda telah mengetahui bahwa Google Dark artinya sebuah konsep yang mampu bermanfaat jika berada di tangan yang sempurna. sebaliknya, Jika berada pada tangan yang salah , bisa dimungkinkan fitur tadi akan disalahgunakan buat hal-hal yg merugikan.

Seperti penerangan pada atas, Google Dork disebut juga Google Hacking. Seorang hacker bisa saja dengan mudah mencari bagian website yg mempunyai kerentanan. Ambil model mereka dapat melakukan pengubahan tampilan suatu website menggunakan metode bypass admin login.

Sesudah mendapatkan info beberapa website, mereka akan mencari website yg admin loginnya mampu di bypass secara satu per satu. Bila hacker hingga berhasil meretas website tadi, tentu akan sangat berbahaya.

Itulah sebabnya apabila Anda mempunyai website, Anda wajib memperhatikan keamanannya. Jangan sampai peretas praktis memasuki sistem Anda dan ‘mengobrak-abriknya’.


Basic String Google Dork


1. (“text“) Penggunaan dua tanda petik dua


Tanda petik dua di Google Dork dirancang untuk menelusuri web untuk keseluruhan kata dan frasa, bukan kata dan frasa individual satu per satu. Misalnya, jika Anda mencari kata internet marketing di Google, hasil pencarian akan menyertakan internet/marketing/internet marketing, tetapi jika Anda menggunakan "internet marketing" di kolom pencarian Google, hasilnya akan menyertakan internet marketing.


2. (-text) Penggunaan tanda dash/hyphen


  • Tujuan penggunaan karakter - saat mencari di Google adalah untuk menyaring kata kunci yang terkait dengan kata/frasa yang dicari. Contoh aplikasi ketika tanda kutip ganda digunakan adalah "pemasaran internet" berikut - dasar. Saat hasil pencarian ditampilkan, Anda tidak akan melihat hasil yang mengandung kata Dasar, karena kami mencari hasil dari kata kunci pemasaran Internet yang tidak ada hubungannya dengan Dasar.


3. (text|text) Penggunaan simbol garis lurus


  • Penggunaan simbol ini oleh Google Dork disebut simbol operator OR untuk mencari dua hasil pencarian. Hasil pencarian akan menemukan salah satu dari dua kata kunci pencarian jika salah satu kata kunci tidak ada. Contohnya adalah Internet|Marketing dan hasil akhirnya akan berisi kata kunci Internet atau Marketing.


4. site:EkstensiWeb


  • Pencarian menggunakan site: Google dork untuk menemukan situs dengan ekstensi yang Anda cari. Misalnya, situs: id, hasil pencarian yang ditampilkan adalah semua website dengan ekstensi .id.


5. filetype:FormatFile

  • Pencarian dengan menggunakan dork filetype: Ini untuk mencari file dalam format yang diinginkan di Internet. Contohnya adalah jenis file. pdf Untuk "belajar internet marketing", hasil pencarian yang ditampilkan adalah situs yang berisi PDF terkait dengan "belajar internet marketing".


6. intitle:”Keyword“


  • Intitle: adalah fungsi yang menemukan hasil pencarian di mana judul adalah kata atau frasa dalam judul. Contohnya adalah dalam judul: Untuk "pemasaran internet", hasilnya adalah situs web yang berisi konten atau informasi berjudul "pemasaran internet".


7. inurl:”keyword“


  • Inurl: Digunakan untuk mencari URL situs web berdasarkan kata kunci yang diperlukan. Misalnya, inurl: Untuk "nusantara" hasilnya adalah website dengan URL yang mengandung kata nusantara.


8. intext:”keyword“

  • Intext adalah cara untuk menemukan kata kunci tertentu di situs web Anda. Contohnya adalah inteks. Untuk "pemasaran internet", semua situs web yang mengandung kata pemasaran internet akan muncul di hasil pencarian.


9. cache:


  • cache:'menampilkan daftar halaman web yang diindeks oleh database Google dan berhasil diambil oleh crawler Google. Sebagai contoh: cache:

detik.com" akan menampilkan daftar halaman kompas.com yang disimpan oleh Google.


10. related:


  • Sintaks ini mengembalikan daftar halaman web yang mirip dengan halaman web yang ditentukan. Sebagai contoh: Diikat Bersama: www.kotapos.com menampilkan daftar situs web yang mirip dengan beranda Detik.

 

Mengembangkan Dork untuk Mendapatkan Informasi Lebih Akurat

Beberapa jenis dorks dapat digabungkan menjadi salah satu di atas untuk informasi yang lebih tepat. Bagaimana? Misalnya, Anda sedang mencari buku pembelajaran SEO gratis. Anda dapat menggunakan judul: Pelajari Jenis File SEO: pdf. Kemudian Anda akan melihat semua situs web yang menawarkan tutorial SEO dalam format PDF.



*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama